KULIAH TAMU Dr. Nao Tanaka “Teknologi Tepat Guna & Dunia Alternatif”

KULIAH TAMU

Teknologi Tepat Guna & Dunia Alternatif

Hari/Tanggal   : Senin/13 April 2015

Jam                  : 11.00 – 13.00 WIB

Tempat            : Ruang 9020, ITB, Jl. Ganesa 10, Bandung

Pembicara        : Dr. Nao Tanaka

Dr. Nao Tanaka lahir di Tokyo, setelah menyelesaikan studi di bidang Applied chemistry di Universitas Tokyo. Beliau bekerja di perusahaan minyak refining, daur ulang limbah sebagai kepala insinyur. Beliau mengambil S3 di Univ Tohoku di bidang Bio Chemstry, dan mendirikan LSM APEX. Beliau juga telah menulis beberapa buku diantaranya buku: Teknologi Tepat Guna & Dunia Alternatif.
Keistimewaan yang menonjol pada abad ke-20 adalah keanekaragaman produk yang dikembangkan oleh teknologi modern, termasuk komoditas, mesin, fasilitas, dan bangunan yang semakin melimpah di sekitar kita. Tanpa produk modern, hidup kita seolah tidak lengkap.
Secara umum, teknologi tepat guna dapat didefinisikan sebagai teknologi yang sesuai dengan kondisi di mana teknologi tersebut digunakan/diterapkan, baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun budaya, sehingga masyarakat setempat mudah berpartisipasi dan bisa memenuhi kebutuhan mereka secara efektif. Konsep teknologi tepat guna dilatarbelakangi oleh proyek bantuan internasional atau bilateral yang sebelumnya sering gagal karena teknologi yang dikembangkan di negara maju langsung dialihkan ke Negara berkembang yang memiliki kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang sangat berbeda.

Bagi rekan rekan/ mahasiswa yang berminat menghadiri kuliah tamu tersebut, harap mendaftar ke Sdr, Joseph di email: [email protected]

atau hubungi Prof. Tjandra Setiadi di email: [email protected]