Pelatihan Penyusunan AMDAL 2017

AMDAL merupakan salah satu instrumen pencegahan dampak lingkungan yang penting dan dipersyaratkan secara mandatory bagi suatu rencana kegiatan. Penyelenggaraan AMDAL berfungsi sebagai penyedia informasi bagi proses pengambilan keputusan mengenai kelayakan lingkungan rencana kegiatan serta penerbitan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, terutama memberikan pertimbangan tentang pengendalian dan penanganan dampak negatif dan optimasi dampak positif terhadap lingkungan sekitar.

Tahapan awal dalam penyelenggaraan AMDAL adalah penyusunan dokumen AMDAL, yakni formulasi dari proses pengkajian dan penelaahan dampak kegiatan pembangunan serta perencanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan. Formulasi tersebut disiapkan dalam dokumen ANDAL, RKL, dan RPL. Akuntabilitas penyelenggaraan AMDAL dan pengambilan keputusan  kelayakan lingkungan hidup didukung oleh proses komunikasi dan kesepakatan dengan pengampu dan pemangku kepentingan rencana kegiatan bersangkutan.

Dalam rangka membantu meningkatkan kompetensi para pihak yang bertanggungjawab dalam pengkajian AMDAL,   PSLH-ITB akan menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan AMDAL. Pelatihan ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai tata cara dan substansi pengkajian AMDAL secara mendalam melalui pertemuan tatap muka dan aktifitas mandiri. Melalui pelatihan ini peserta diharapkan memiliki kemampuan menyusun dokumen AMDAL.

Brosur Penyusunan AMDAL Oktober 2017