Laporan Kegiatan/Proyek /Penelitian 2020

  1. Nama Kegiatan/Proyek/Penelitian:
    • Kajian Baku Mutu Air Limbah Industri Blowing Agent Azodicarbonamide
  2. Perioda Kegiatan/Proyek/Penelitian:
    • 1 Juli 2020 – 31 Desember 2020
  3. Mitra Kerjasama:
    • PT Lautan Otsuka Chemical (LOC)
  4. Anggota Kegiatan/Proyek/Penelitian:
    • Prof. Tjandra Setiadi, PSLH dan Fakultas Teknologi Industri, ITB.
    • Guntur Adisurya Ismail, M.T., Fakultas Teknologi Industri, ITB.
  5. Ringkasan Kegiatan/Proyek/Penelitian

Ringkasan

PT Lautan Otsuka Chemical (LOC) merupakan pabrik ‘blowing agent’ pertama di Indonesia yang berdiri pada 17 Juli 1989. Blowing agent adalah zat yang mampu menghasilkan struktur seluler melalui proses foaming dalam berbagai bahan seperti polimer, karet dan plastik. Jenis blowing agent yang di produksi PT LOC adalah azodicarbonamide. Pada awal berdirinya PT. LOC memiliki kapasitas produksi 3.000 ton/tahun, namun seiring dengan berjalannya waktu kapasitas produksi bertambah hingga 17.000 ton/tahun pada tahun 2015 (terdiri dari produk azodicarbonamide dan inorganic blowing agent), dengan karyawan lebih dari 300 orang. Pada tahun 2017, PT LOC berhasil memperoleh penjualan sebesar 45 juta dolar Amerika Serikat.

Berdasarkan peraturan lama (KepMenLH no. 51 tahun 1995), parameter yang perlu dijaga pada pembuangan limbah pabrik LOC adalah kandungan ammonia bebas (5 ppm) dan sistem pengolahan limbah cair PT LOC dapat menghasilkan buangan limbah yang mencapai target tersebut. Namun, sejak tahun 2014, terdapat perubahan peraturan dari Kementerian Lingkungan Hidup yang tertuang pada Peraturan Kementerian Lingkungan Hidup no. 5 tahun 2014 memiliki dampak terhadap PT LOC sendiri. Berdasarkan peraturan tersebut, parameter yang digunakan berubah menjadi total ammonia di bawah 10 ppm dan sistem yang dimiliki sekarang tidak mampu mencapai target tersebut.

PT LOC saat ini telah mendapatkan ijin pembuangan limbah cair dengan menggunakan parameter ammonia bebas sesuai KEPMEN LHK Nomor : SK. 289 tahun 2017), dan berkewajiban melakukan kajian pengelolaan air limbah untuk menurunkan kadar COD dan NH3 total di outlet. Diharapkan PT LOC dapat memberikan solusi pengolahan limbah dan juga mengaplikasikan solusi tersebut.

SDGs Goal: 6, 12   #SDGsGoalsITB