Laporan Pelaksanaan

Pelatihan Online Kajian Lingkungan Hidup Strategis Gelombang 18

Bandung, 25 – 29 Januari 2021

Ringkasan Eksekutif Laporan Pelaksanaan

Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) adalah rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip Pembangunan Berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau Kebijakan, Rencana, dan/atau Program. Sedangkan tahapan dan metode yang digunakan dalam penyusunan KLHS mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dan Permendagri No 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. KLHS tertuang dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan Dasar Hukum lain untuk Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis. (KLHS)

Pusat Studi Lingkungan Hidup Institut Tekonologi Bandung (PSLH ITB) telah berhasil menyelenggarakan pelatihan Pelatihan Kajian Lingkungan Hidup Strategis – Gelombang 18 yang dilaksanakan secara online pada tanggal  25 – 29 Januari 2021 via zoom meetings. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya KLHS dalam memastikan penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam pembangunan suatu wilayah, serta penyusunan kebijakan dan program pemerintah.

Acara dibuka dengan perkenalan antar peserta yang dipimpin oleh Koordinator pelatihan serta sambutan dari Dr. Asep Sofyan, M.T. selaku Ketua Panitia dan Sekretaris PSLH ITB. Pelatihan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Online Gelombang 18 diikuti oleh sebanyak 19 (Sembilan Belas) peserta yang hadir dari berbagai Kabupaten/Kota di Indonesia serta berbagai profesi baik pegawai pemerintahan, konsultan, akademisi serta masyarakat umum secara daring. Terdapat sebanyak 19 (Sembilan Belas) materi yang disampaikan terkait Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam 40 (empat puluh) Jam Pelajaran (JPL).

Acara ditutup pada hari Jumat tanggal 29 Januari 2021 oleh Tim Instruktur PSLH ITB, Ariq Muhammad Thabrani. Selaku Kordinator Acara Pelatihan dan dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan oleh peserta pelatihan.

Tujuan dan Waktu Pelaksanaan

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Online Kajian Lingkungan Hidup Strategis Gelombang 18 adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kesadaran peserta pelatihan akan pentingnya KLHS dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan di lapangan.
  2. Memberikan pemahaman dan kemampuan umum kepada peserta pelatihan dalam proses-proses penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Kegiatan Pelatihan Kajian Lingkungan Hidup Strategis secara Online untuk Gelombang 18 diselenggarakan oleh Pusat Studi Lingkungan Hidup ITB (PSLH – ITB) pada tanggal 25 – 29 Januari 2021 via zoom meetings.

Struktur Kepanitiaan

Adapun struktur kepanitiaan pelatihan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Gelombang 18 adalah sebagai berikut :

1.Penanggung Jawab:Prof. Tjandra Setiadi, Ph.D,. IPU.
2.Ketua Panitia           :Dr. Asep Sofyan, S.T., M.T.
4.Sekretaris:Hamid Assegaf, S.Hut.
5.Bendahara:Ririn Dwi Khoirin Nisa,S.T.
6.Koordinator Acara:Ariq Muhammad Thabrani
7.Koordinator Asisten:Ririn Dwi Khoirin Nisa,S.T. Arie Andreana Taufiq
8.  Moderator    :  Moderator  1 Ariq Muhammad Thabrani Itsna Nabila Ali Lukman Tasya Qoni Moderator  2 Arie Andreana Taufiq Nida Salma David Purba Kanaya Rizky Aulia Luthfi
9.Logistik:Hamid Assegaf, S.Hut.
          :Didi Romansyah

Materi dan Pengajar

Adapun daftar materi beserta pengajar pelatihan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Online Gelombang 18 adalah sebagai berikut :

1.Materi 1:KLHS RTRW
 Pengajar:Sekretaris PSLH ITB, Dosen Teknik Lingkungan ITB Dr. Asep Sofyan, S.T., M.T.
2.Materi 2:Praktikum KLHS RTRW
 Pengajar:Tim Teaching Praktikum KLHS RTRW 1. Yulianti, S.T. 2. Ririn Dwi Khoirin Nisa,S.T.
3.Materi 3:KLHS RPJMD
 Pengajar:Sekretaris PSLH ITB, Dosen Teknik Lingkungan ITB Dr. Asep Sofyan, S.T., M.T.
4.Materi 4:Praktikum KLHS RPJMD
 Pengajar:Tim Teaching Praktikum KLHS RPJMD 1. Muthya Farah, S.Kel. 2. Satria Wira Bagaskara, S.Si.
5.Materi 5:Konsep SIG dalam KLHS
 Pengajar:Dosen FITB ITB Dr. rer. nat. Wiwin Windupranata, M.Sc.
6.Materi 6:Praktikum SIG dalam KLHS
 Pengajar:Lab Teknik Geodesi dan Geomatika, ITB Hana Alifyanti, S.T
7.Materi 7:Analisis Risiko Lingkungan
 Pengajar:Dosen FITB ITB Dr. Riantini Vitriana, S.T., M.T.
8.Materi 8:Praktikum Analisis Risiko Lingkungan
 Pengajar:Lab Teknik Geodesi dan Geomatika, ITB Hana Alifyanti, S.T
9.Materi 9:GIS JE, DD dan Efisiensi SDA
 Pengajar:Dosen SITH ITB Dr. Endang Hernawan, M.T.
10.Materi 10:Aplikasi GIS untuk Peta DDDT Air
 Pengajar:Tim Teaching Praktikum KLHS Satria Wira Bagaskara, S.Si.
11.Materi 11:Inderaja dan SIG untuk Pemantauan Kehati
 Pengajar:Dosen Geodesi UNDIP Dr. Firman Hadi, M.T.
12.Materi 12:Daya Dukung dan Daya Tampung Air
 Pengajar:Dosen FTSL ITB Dr. Mariana Marselina, M.T.
13.Materi 13:Instalasi Vansim, Pengantar Sistem Dinamik dan Praktikum Sistem Dinamik
 Pengajar:Tim Teaching Sistem Dinamik PSLH ITB Oka Praditha, S.T.
14.Materi 14:Forum Group Discussion : Penjaminan Kualitas dan Validasi KLHS
 Pengajar:Tim Teaching Praktikum KLHS 1. Luky Prasetya Darman, S.Kel. 2. Ririn Dwi Khoirin Nisa,S.T. 3. Nida Salmah, S.T.

Peserta Pelatihan

No.Nama PesertaInstansi
1.Ivan Rasid, S.T., M.T. (CL)Konsultan
2.Iwawono Anshari, S.T., M.P.W.K.Dinas
3.Dr. Yusthinus Thobias Male, S.Si., M.Si.Universitas
4.Maria Christina Endarwati, S.T., MIUEM.Universitas
5.Nila Oktatia Nur, S.Pi., M.Si.Dinas
6.Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd.Universitas
7.Abdul Kodir, S.Sosio., M.Sosio.Universitas
8.B. Raditya Mustika Jati. S.E., M.Si., C.EIA.Konsultan
9.Drs. Petrus PalgunadiKonsultan
10.Dr. Jhon Armedi Pinem, S.T., M.T.Perseorangan
11.Prita Ayu Permatasari, S.P.Universitas
12.Iswahyudin, S.T., M.S.P.Konsultan
13.Victor Eduard SylvesterDinas
14.Akhmad Raditya Maulana Fajrin, S.T., M.Ars.Perseorangan
15.Ibrahim Husni, S.T., M.S.P.Perseorangan
16.Dr. Rima Herlina Setiawati Siburian, S.Hut., M.Si.Universitas
17.Ricardo Ferdinand Tapilatu, Ph.D.Universitas
18.Mohammad Fahri, S.T.Konsultan
19.Freddy Ilfan, S.T., M.T.Universitas

Keberjalanan dan Evaluasi

Senin, 25 Januari 2021 (Hari ke-1)

Pelatihan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Online Gelombang 18 dibuka dengan perkenalan peserta serta sambutan dari Dr. Asep Sofyan, M.T. selaku Ketua Panitia. Seluruh peserta hadir secara daring pada hari pertama pelatihan. Instruktur kelompok belum masuk ke zoom meeting saat room zoom sudah di mulai pada pukul 09:00 WIB. Pelatihan diselesaikan pada pukul 16:00 karena seluruh materi praktikum KLHS RTRW sudah selesai dibahas. Secara umum kegiatan berjalan dengan lancar sesuai pada waktunya serta tidak terdapat kendala yang berarti.

Selasa, 26 Januari 2021 (Hari ke-2)

Pelatihan hari kedua dimulai pada pukul 8:30 dengan pembahasan mengenai pertanyaan dari KLHS RTRW yang belum terjawab pada hari senin. Kemudian pada sesi ke 2 dilanjutkan oleh materi KLHS RPJMD oleh Dr. Asep Sofyan. Setelah sesi istirahat, materi dilanjutkan oleh Praktikum KLHS RPJMD.

Pada hari ini terdapat kendala dalam penentuan materi dan pemateri di hari selanjutnya, Secara umum kegiatan berjalan dengan lancar sesuai pada waktunya serta tidak terdapat kendala yang berarti.

Rabu, 27 Januari 2021 (Hari ke-3)

Pada hari Rabu, seluruh materi merupakan aplikasi GIS. Diawali oleh materi GIS dalam KLHS yang diberikan oleh Dr. rer.nat. Wiwin Windupranata serta dilanjutkan oleh materi Analisis Risiko Lingkungan oleh Dr. Riantini Vitriana, S.T.,M.T. Peserta mengalami kesulitan dalam mengikuti materi GIS karena pada umumnya peserta memiliki laterbelakang ilmu lingkungan, sehingga untuk mengatasi hal tersebut, panitia memberikan tugas tambahan untuk melakukan analisa daya dukung lingkungan dengan data yang sudah diberikan oleh pihak panitia. Kegiatan berjalan dengan lancar sesuai pada waktunya serta tidak terdapat kendala yang berarti.

Kamis, 28 Januari 2021 (Hari ke-4)

Pelatihan hari Kamis dibuka oleh sesi Inderaja dan SIG untuk Pemantauan Kehati. Kemudian dilanjutkan oleh materi GIS JE, DD dan Efisiensi SDA yang diberikan oleh Dr. Endang Hernawan. Pada sesi kedua ini, animo peserta terhadap materi sangat tinggi. Kemudian dilanjutkan oleh pembahasan tugas GIS dan Aplikasi GIS untuk Peta DDDT Air. Peserta mengalami kesulitan dalam pengerjaan GIS karena adanya perbedaan pembacaan oleh software GIS dibandingkan oleh software spreadsheet yang sering digunakan. Materi kemudian dilanjutkan oleh Daya Dukung dan Daya Tampung Air yang diberikan oleh Dr. Mariana Marselina, M.T.

Jumat, 29 Januari 2021 (Hari ke-5)

Pelatihan hari terakhir dimulai dengan materi Instalasi vensim Sistem Dinamik oleh Tim Instruktur system Dinamik PSLH ITB. Kemudian dilanjutkan oleh materi Praktikum Sistem Dinamik oleh Tim Instruktur PSLH ITB. Sesi setelah istirahat dilanjutkan oleh Focus Group Discussion : Rekomendasi dan Validasi KLHS oleh Tim PSLH ITB.

Adanya social mapping yang dilakukan oleh panitia untuk membagi peserta menjadi dua kelompok berdasarkan tingkat keaktivan peserta menjadikan forum ini berjalan dengan baik. Peserta sangat kritis dalam menanggapi isu-isu yag dihadapi dalam penyusunan KLHS menandakan keberhasilan panitia dalam memantik dan memandu keberjalanan forum ini. Secara umum kegiatan berjalan dengan lancar sesuai pada waktunya serta tidak terdapat kendala yang berarti.

Pelatihan online (daring) ini ditutup dengan penyampaian kesan pesan oleh peserta dan ditutup resmi oleh Tim Instruktur PSLH ITB, diwakili oleh Ariq Muhammad Thabrani selaku Kordinator Acara pelatihan KLHS

Dokumentasi Kegiatan

Senin, 25 Januari 2021

dokumentasi kegiatan pelatihan online KLHS G18 Hari Pertama

Selasa, 26 Januari 2021

Rabu, 27 Januari 2021

Kamis, 28 Januari 2021

Jumat, 29 Januari 2021